Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Obat Tuhan Untuk Depresi (5)
10 Nov 2023
‘Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal.’Yeremia 31:3 

Mari kita luangkan waktu sejenak dan melihat jenis berbicara kepada diri sendiri yang dapat meningkatkan perasaan depresi—dan membuat kita terjebak di sana. Misalnya, alih-alih hanya mengatakan, 'Saya membuat kesalahan,' kita mengatakan, 'Saya gagal total.' Alih-alih mengatakan, 'Saya tidak sengaja tersandung,' kita katakan, 'Saya kikuk.' Daripada mengatakan, 'Saya makan terlalu banyak,' kita berkata, 'Saya babi yang rakus.'

Dan ketika kita melabeli diri kita dengan gelar seperti itu, kita memperkuat masalah kita dan mungkin mulai merasa lebih buruk. Biarkan Tuhan mengubah kesalahpahaman berbahaya yang Anda miliki tentang diri Anda sendiri, seperti:

(1) ‘Jika seseorang mengkritik saya, itu berarti saya tidak berharga,’ atau

(2) 'Saya harus dicintai dan diterima oleh semua orang agar merasa terpenuhi,' atau

(3) 'Saya tidak bisa mengakui area kelemahan; Saya harus sempurna atau saya gagal.’

Itulah jenis-jenis miskonsepsi yang dapat meningkatkan depresi. Yesus tahu pentingnya berpikir dengan benar ketika Dia berkata, ‘dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.’ (Yohanes 8:32) Kabar baiknya adalah—Anda dapat hidup bebas dari depresi! Bagaimana? Dengan membangun hubungan pribadi dengan Kristus. Ini mungkin tidak secara otomatis menyembuhkan semua depresi Anda, tetapi dengan Dia dalam hidup Anda, Anda memiliki kekuatan untuk berubah.

Ketika Kristus datang ke dalam hidup Anda, Dia memberi Anda tujuan baru, kekuatan baru, dan perspektif baru. Anda membutuhkan sesuatu yang lebih besar untuk hidup daripada kepentingan Anda sendiri. Orang yang hidup hanya untuk dirinya sendiri sering berakhir dengan depresi. Anda membutuhkan sesuatu yang lebih besar; sesuatu yang menarik Anda keluar dari diri Anda sendiri. Dan sesuatu itu adalah hubungan dengan Yesus Kristus. Melalui Dia (dan dengan dukungan yang tepat dari seorang profesional medis jika diperlukan), Anda dapat menaklukkan depresi.

Ingin tahu lebih banyak? Lihat Halaman 199.

SoulFood: 1 Taw 1-2, Yoh 8:21-30, Maz 115, Ams 25:23-25
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.