Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Merasa Baik Tentang Diri Sendiri
24 May 2023
‘Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat.’ 2 Korintus 4:7 

Ketika Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, Anda hidup dengan rasa tidak aman. Anda terus mencari pengakuan orang lain, dan ketika Anda tidak mendapatkannya, rasa berharga Anda menyusut. Akibatnya, Anda dapat menghabiskan hidup jauh dari potensi yang diberikan Tuhan. Anda tidak dapat memungkiri keberaradaan Anda sendiri, sampai Anda belajar menerima diri sendiri berdasarkan fakta bahwa Tuhan mengasihi dan menerima Anda apa adanya, maka Anda akan selalu berhadapaan dengan rasa tidak aman.

Berhentilah dan pikirkan tentang terakhir kali Anda berada di dekat seseorang yang tidak terlalu Anda sukai. Bagaimana rasanya? Tidak nyaman, kan? Baik atau buruk, kita memproyeksikan kepada orang lain pikiran dan perasaan yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Jadi, jika Anda ingin orang berpikir baik tentang Anda, Anda harus memiliki pendapat yang baik tentang diri Anda sendiri—yang didasarkan pada Firman Tuhan. Sekarang, Alkitab memperingatkan tentang memiliki pendapat yang berlebihan tentang diri sendiri—tetapi jangan sampai ke ekstrem yang lain. Hidup dalam penolakan diri yang terus-menerus adalah undangan terbuka kepada Setan, yang menurut Alkitab seperti singa yang mengaum-aum yang pergi mencari seseorang untuk ditelannya (1 Petrus 5:8).

Anda berkata, 'Tetapi bukankah Paulus menulis? “Sebab aku tahu, bahwa di dalam aku, yaitu di dalam aku sebagai manusia, tidak ada sesuatu yang baik. Sebab kehendak memang ada di dalam aku, tetapi bukan hal berbuat apa yang baik”?’ (Roma 7:18) Ya, tapi itu berarti kebaikan yang terjadi adalah bukti bahwa Tuhan sedang bekerja dalam hidup Anda.

Alkitab mengatakan, ‘Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.’ (2 Korintus 4:7) Hari ini, alih-alih berfokus pada kekurangan [kesalahan] dan perasaan buruk Anda, kenali 'harta' hadirat, kuasa, dan potensi Tuhan yang hidup di dalam diri Anda.

SoulFood: Ibrani 9:1 - 11:16, Matius 12:15-21, Mazmur 97, Amsal 12:1-3
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.