Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Berkomunikasi Dengan Pasangan Anda
27 Oct 2023
‘Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,’Filipi 1:9 

Pernahkah memperhatikan ketika Anda berkencan dengan seseorang, Anda dapat berbicara dengan mudah selama berjam-jam, tetapi jika Anda telah menikah beberapa saat, kecuali Anda mengusahakannya, percakapan dapat menjadi dangkal dan bahkan menyebabkan perselisihan? Alkitab berkata, ‘hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata.’ (Yakobus 1:19) Ada seni untuk berkomunikasi.

(1) Carilah kesempatan untuk saling memuji. Anda mungkin berpikir pasangan Anda hebat, tapi mereka perlu sering mendengar Anda mengatakannya. Dibutuhkan 12 pujian untuk menetralisir efek dari satu kritik, jadi ketika hidup mengalahkan pasangan Anda, bangunlah.

(2) Jangan mencoba mengubahnya dengan mengomel. Pertanyaan seperti, 'Kenapa kamu tidak bisa?' atau 'Kenapa kamu selalu?' bisa terdengar lebih seperti mengasuh anak daripada bermitra. Beritahu pasangan Anda sekali—bukan seribu kali—apa yang mengganggu Anda. Sebelum Anda berbicara, tanyakan pada diri sendiri, ’Apakah saya akan mengatakan ini kepada teman yang berharga?’ Jika tidak, jangan katakan!

(3) Pernikahan hanya bisa bertahan dengan ‘keterbukaan jiwa.’ Ada sebuah aturan, lebih pendek lebih baik. 'Sayang, bisakah kita bicara sebentar?' seringkali diganti dengan ucapan 'Kita perlu bicara'. Pasangan Anda hanya bisa bertahan jika Anda 'membuka jiwa'; menekan pasangan Anda hanya mendapatkan hasil yang salah. Jika pasangan Anda tidak menanggapi suatu masalah, diskusikan dengan teman atau konselor tepercaya. Kemudian berikan pasangan Anda solusi dengan ‘jiwa terbuka’.

(4) Biarkan pasangan Anda memimpin. Ketika pasangan Anda membicarakan hal-hal yang tidak terlalu Anda minati, ingatlah Kitab Suci, 'rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain.' (Efesus 5:21) Terkadang itu berarti bertanya, 'Apa yang ingin kamu bicarakan?' Jika Anda menginginkan pernikahan yang baik, gunakan empat prinsip itu setiap hari.

SoulFood: Hab 1-3, Yoh 6:35-51, Maz 127, Ams 24:19-22
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
15161718192021
22232425262728
2930     
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.