Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Membangun Hubungan Yang Baik
25 Oct 2023
‘Janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.’Filipi 2:4 

Paulus menulis, ‘dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. … dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus’ (Filipi 2:3-5). Itu berarti lakukan lima hal berikut ini:

(1) Benar-benar tertarik pada orang lain. ‘Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!’ (Roma 12:15) Dan Anda hanya dapat melakukannya ketika meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang terjadi di dunia orang lain.

(2) Tetap semangat. ‘Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.’ (Amsal 15:13). Meskipun dapat membantu, cobalah untuk tidak curhat kepada orang lain sepanjang waktu. Pastikan Anda ingat untuk membawa masalah Anda kepada Tuhan dalam doa.

(3) Berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan, dan selalu katakan lebih sedikit dari yang Anda pikirkan. ‘Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.’ (Amsal 29:11) Karena cara Anda berbicara sama pentingnya dengan apa yang Anda katakan, selalulah bersikap baik dan sopan.

(4) Dapat diandalkan. Alkitab berkata, ‘pada hari-hari terakhir… manusia akan… tidak mau berdamai.’ (2 Timotius 3:1 –3), tetapi Anda tidak harus memenuhi ramalan itu. Karakter diukur dengan tindakan, bukan kata-kata. Jadi berusahalah untuk menjadi orang yang kata-katanya memiliki makna.

(5) Jadilah penyemangat. Barnabas dikenal sebagai motivator karena dia ‘menasihati mereka.’ (Kis 11:23) Pernahkah Anda memperhatikan apa yang terjadi ketika Anda mendorong seorang anak di ayunan? Begitu mereka mulai mendapatkan momentum, mereka bisa melakukannya sendiri; mereka hanya membutuhkan sedikit bantuan untuk memulai. Bahkan senyuman pun bisa menghasilkan keajaiban. (Ayub 29:24) Terkadang sesederhana itu!

SoulFood: 2 Pet 1-3, Yoh 6:16-24, Maz 85, Ams 24:11-14
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.