Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Bisakah Anda Dikoreksi?
8 Oct 2023
‘Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN.”’2 Samuel 12:13 

Tuhan mengutus nabi Natan untuk menghadapi Raja Daud atas perselingkuhannya dengan Batsyeba. Sebagai raja, Daud memiliki kuasa untuk membuat Nathan dihukum mati. Tapi dia tidak melakukannya. Dia merendahkan dirinya, menerima koreksi, bertobat, dan dikembalikan ke tahtanya dan perkenanan Tuhan.

Pertanyaan: dapatkah Anda dikoreksi? Jika Anda bisa, masa depan Anda cerah dan potensi Anda besar. Tapi Anda harus jeli. Tidak semua koreksi bersifat konstruktif dan karenanya tidak harus diterima. Seseorang mungkin ingin menghancurkan Anda, mengambil harga diri Anda, atau memanipulasi Anda untuk menerima cara berpikir mereka. Anda harus membiasakan diri untuk melihat baik-baik motif orang yang mengoreksi Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

(1) Di masa lalu, apakah orang ini menunjukkan perhatian yang tulus terhadap kesejahteraan dan perkembangan pribadi saya?

(2) Apa yang dia peroleh secara pribadi jika saya mencapai perilaku yang mereka rekomendasikan? Apa yang saya dapatkan dan kehilangan?

(3) Apakah sikap mereka baik hati, atau apakah saya merasa diserang dan direndahkan? (Hati-hati; jangan bingung kekesalan seseorang atas perilaku Anda sebagai serangan pribadi.)

(4) Setelah mereka mengkritik saya, apakah saya merasa gagal tanpa harapan, atau apakah mereka menyampaikan keyakinan pada kemampuan saya untuk berubah?

(5) Apakah mereka berdedikasi untuk tetap bersama saya melalui perubahan? Alkitab berkata, 'Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.' (Amsal 27:6) Karena Tuhan cukup mengasihi Anda untuk mengirim orang ke dalam hidup Anda untuk mengoreksi Anda, terimalah mereka karena mereka memiliki kepentingan terbaik di hati mereka.

SoulFood: Kej 24:1-51, 2 Kor 6:14 - 7:1
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.