Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

3 Hal yang Jangan Dilakukan Seorang Pemimpin
10 Sep 2023
‘Siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin.’Roma 12:8 

Sebagai seorang pemimpin, berikut adalah tiga hal yang tidak boleh Anda lakukan:

(1) Anda tidak perlu takut untuk mencoba sesuatu yang baru. (Yesaya 43:19). Ketika Anda menempatkan seseorang ke dalam peran baru, mereka akan membuat kesalahan; itu tak terelakkan, tapi begitulah cara mereka belajar. Menjadi seorang pemimpin berarti menyerahkan tanggung jawab, meskipun Anda tahu ada risiko mereka gagal, dan membiarkan mereka pergi ke tempat yang tidak diketahui. Seperti orang tua yang berdoa lebih keras ketika anak remajanya membawa perahu atau mobil keluarga untuk perjalanan solo pertama mereka, Anda harus menerima bahwa tantangan yang membuat Anda takut sebenarnya membebaskan orang lain.

(2) Jangan mencampurkan loyalitas individu dengan membangun tim (1 Korintus 3:9). bekerja sama dengan orang-orang penting itu baik, tetapi juga penting untuk tetap 'terhubung satu sama lain.' (Roma 12:5) Anda harus memastikan bahwa semua orang bisa bekerjasama dengan tim pekerja, merasa dihargai, dan belajar bagaimana berinteraksi satu sama lain.

(3) Anda tidak boleh mencoba mengatur orang secara mikro. (2 Korintus 7:16). Ada perbedaan antara mengelola orang dan memimpin mereka. Mengelola orang membutuhkan perhatian secara rinci, sedangkan memimpin mereka melibatkan pembagian visi, penetapan tujuan, dan motivasi. Dan Anda harus tahu perbedaannya. Ketika Anda mengelola mikro daripada memimpin, moral orang turun, karena mereka membutuhkan tujuan yang jelas dan kebebasan untuk mencari cara untuk mencapainya. Jangan mengelola mikro; itu mengurangi rasa kepemilikan orang-orang di bawah Anda dan di sekitar Anda yang membutuhkan dinamika tim pekerja yang baik dan pemecahan masalah.

Mantan Perdana Menteri Australia John Howard sering bercanda bahwa dia bertemu banyak orang yang akan berkata kepadanya, 'Saya tidak tahan dengan Anda, tetapi setidaknya saya tahu apa yang Anda perjuangkan.' Menurutnya, itulah satu-satunya ciri terpenting dalam diri seorang pemimpin.

SoulFood: Kej 6:9 - 8:4, Mat 24:37-51
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.