Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Cara Menangani Kekecewaan (1)
13 Aug 2023
‘Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali.’Amsal 24:16 

Untuk beberapa hari kedepan, mari kita lihat lima jenis kekecewaan yang berbeda.

Kekecewaan pada diri Anda sendiri. Ini adalah jenis kekecewaan yang paling melemahkan karena dapat menempatkan Anda dalam keterpurukan yang sulit untuk dipulihkan. Petrus bersumpah setia kepada Kristus dengan mengatakan, 'Semua orang mungkin meninggalkan-Mu tetapi aku tidak. Aku milik-Mu sampai mati!’ (Matius 26:33). Namun Petrus menyangkal Kristus tiga kali. Kemudian dia mengingat kata-kata Kristus: ‘sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali.’ (Matius 26:34) Petrus, remuk hati karena kegagalannya, ‘lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.’ (Lukas 22:62)

Apakah itu yang Anda rasakan hari ini? Apakah Anda berpikir, 'Tuhan, bagaimana mungkin Engkau menggunakan orang seperti saya?' Yesus tidak terkejut. Yesus sangat menyadari kekurangan Petrus ketika Dia memanggilnya. Tetapi Yesus juga tahu bahwa murid-Nya yang blak-blakan itu memiliki hati yang lembut, jadi Dia memilih untuk memberikan kasih karunia kepadanya daripada membuangnya. Ketika Kristus memberikan perintah pasca-kebangkitan-Nya untuk ‘memberitahu murid-murid-Nya dan Petrus’ untuk menemui-Nya di Galilea, Dia menegaskan kembali pilihan-Nya atas murid-Nya yang gagal (Markus 16:7). Kisah Petrus selanjutnya adalah salah satu kemenangan.

Jadi ketika Anda berbuat dosa, atau gagal dan mengecewakan diri sendiri, apa yang harus Anda lakukan?

(1) Rendahkan dirimu dan bertobat. Akui dosa Anda; jangan berdalih, mencari alasan, atau menyalahkan keadaan dan orang lain.

(2) Terimalah kasih karunia dan pengampunan Tuhan dengan iman, bukan perasaan. Jangan biarkan Setan meyakinkan bahwa Anda berada di luar anugerah-Nya.

(3) Jangan membuat keadaan bertambah buruk dengan membiarkan kekecewaan menjebak Anda dalam keadaan putus asa dan hilang harapan.

(4) Dapatkan bantuan apa pun yang Anda butuhkan untuk kembali ke jalur yang benar—secepatnya, jangan ditunda.

SoulFood: Ester 4:13 - 5:3, Mat 6:16-21, Markus 2:18-22
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.