Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Sebuah Pekerjaan Batiniah (4)
31 Jul 2023
‘Roh membantu kita dalam kelemahan kita.’Roma 8:26 

Dua hal yang menjadi dasar hidup sehari-hari bagi tiap orang percaya setiap orang percaya adalah: doa dan Kitab Suci. Meskipun berdoa mungkin sederhana, namun tidak selalu mudah. Kita kurang motivasi, mudah terganggu, dan kita tidak selalu yakin apa yang harus kita doakan. Jadi, menyadari kekurangan dan kelemahan manusiawi kita, Tuhan memberikan pertolongan kepada kita dalam bentuk Roh Kudus.

Paulus menulis: ‘Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.’ (Roma 8:26–27) Itu berarti, tidak peduli bagaimana perasaan Anda ketika Anda berdoa, Roh Kudus ada dalam doa bersama Anda dan untuk Anda, mengubah doa-doa Anda yang paling lemah menjadi permohonan yang kuat kepada Bapa.

Dan ketika berbicara tentang Kitab Suci, Firman Tuhan, peran Roh Kudus juga sama dinamisnya. Yesus berkata, ‘Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.’ (Yohanes 16:13) Perhatikan, Roh Kudus melakukan tiga hal ini.

(1) Dia membimbing kita saat kita mempelajari FirmanTuhan dan mencoba untuk memahaminya.

(2) Dia menyampaikan apa yang Yesus ingin kita ketahui dan menunjukkannya kepada kita.

(3) Dia membuka pemahaman kita tentang hal-hal yang akan datang. Tidak diragukan lagi, buku-buku referensi yang baik, sumber-sumber berdasarkan Kitab Suci, dan guru-guru Alkitab yang bijaksana diperlukan dan bermanfaat, tetapi itu bukan pengganti dalam hal mendengar sendiri dari Roh Kudus, mendengarkan dengan seksama apa yang ingin Dia katakan kepada Anda.

SoulFood: Kis 27-28, Markus 1:9-20, Maz 78:9-16, Ams 16:25
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
22232425262728
2930     
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.