Mengetahui Kapan Harus Melepaskan

Apr 23, 2023

‘Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya.”’Efesus 5:31 

Ketika anak-anak kita masih kecil, kita begitu sibuk memberi mereka hal-hal seperti cinta, perlindungan, disiplin, pelatihan, dan otoritas sehingga rasanya tanggung jawab ini akan berlangsung selamanya. Tapi tidak. Ketika anak-anak kita mencapai usia belasan dan awal dua puluhan, kita harus membuka pintu bagi mereka ke dunia luar.

Jika Anda sedang mengalami ini sekarang dan merasa cemas, cobalah untuk menyadari bahwa Anda berada di salah satu bagian yang paling menantang dan sulit dalam mengasuh anak. Kecenderungan Anda untuk memegang kendali agar anak-anak Anda tidak melakukan kesalahan adalah wajar. Tetapi anak-anak Anda lebih cenderung membuat pilihan yang baik jika mereka tidak dipaksa untuk memberontak untuk mencapai kebebasan mereka. Kebenaran yang sederhana adalah bahwa tanggung jawab dan kedewasaan berkembang paling baik dalam suasana kebebasan. ‘Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya.”’ Rahasia suksesnya adalah memberikan otonomi kepada anak Anda pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan dengan sikap yang benar. Tujuan Anda harus memungkinkan kemandirian sedikit demi sedikit selama bertahun-tahun, karena anak-anak Anda mampu mengelola tanggung jawab baru. Pembebasan terakhir, kemudian, harus mewakili langkah kecil menuju kebebasan, bukannya jatuh langsung ke dalam anarki dan pemberontakan.

Dalam analisis terakhir, kita semua belajar dengan uji coba. Anda melakukannya, dan berusaha sekuat tenaga untuk menghindarinya, anak-anak Anda juga akan melakukannya. 'Jadi apa yang harus saya lakukan?' Berdoalah untuk mereka setiap hari, lepaskan mereka ke dalam pemeliharaan Tuhan, dan biarkan mereka tahu bahwa Anda akan selalu mencintai mereka dan siap membantu mereka.

SoulFood: Keluaran 17:8-16, Efesus 3:14-21
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Bakti sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     
  12345
2728     
       
28