Renungan Hari Ini - logo

Bacaan Hari Ini

Mengampuni Orang Lain (1)
25 Feb 2023
‘“AKU lah yang akan menuntut pembalasan”, firman Tuhan.’Roma 12:19 

Lama setelah Anda berpikir Anda telah memaafkan seseorang, Anda masih bisa memendam [menyimpan] kekesalan. Beberapa indikator bahwa Anda masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan adalah: Anda terus memikirkan orang yang menyakiti Anda dan menjadi kesal. Anda menghindari mereka. Anda melakukan itu secara mental dan dalam percakapan. Anda mengambil setiap kesempatan untuk mengingatkan mereka tentang apa yang mereka pernah lakukan. Apakah Anda tahu apa yang Anda lakukan? Membenarkan sikap tak kenal ampun! Ada dua hal yang tidak akan Tuhan bagikan.

(1) Pujian yang pantas untuk-Nya. ‘Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain.’ (Yesaya 42:8)

(2) Hak untuk 'menentukan sesuatu'. Paulus menulis: ‘Janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan… sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, Firman Tuhan. Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!’ (Roma 12:19–21) Jadi maafkanlah, serahkan situasinya kepada Tuhan, dan percayalah kepada-Nya untuk menyelesaikannya! Ketika 'orang menghina Kristus... Dia tidak menghina mereka sebagai balasannya... Dia membiarkan Tuhan... yang menghakimi dengan benar, menjaga-Nya.' (1 Petrus 2:23) Kebencian mengikat Anda pada pelaku, dan Anda berakhir sebagai sandera. Memikirkan sesuatu yang dilakukan orang tua atau pasangan Anda, atau bagaimana rekan kerja menghargai pekerjaan Anda, atau apa yang mungkin atau tidak mungkin dikatakan seseorang tentang Anda, membuat Anda—bukan mereka—sengsara. Anda berjalan-jalan sambil membenci orang, dan mereka bahkan tidak tahu Anda sedang kesal. Jangan beri siapa pun kendali seperti itu atas hidup Anda. Maafkanlah—dan lanjutkan hidup Anda!

SoulFood: Keluaran 1-3, Lukas 11:45-54, Mazmur 53, Amsal 6:9-11
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini
Bacaan Sebelumnya

MonTueWedThuFriSatSun
  12345
20212223242526
2728293031  
       
    123
       
  12345
2728     
       
28      
       

Lengkapi data berikut dibawah untuk menerima ‘Renungan Hari Ini’ melalui email setiap hari.